Sitemap

Tuesday, April 26, 2016

Tips Membeli dan Menggunakan Kompor Gas yang Baik

Saat ini kompor gas merupakan kebutuhan yang wajib dimiliki oleh keluarga. Betapa tidak saat ini hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah menggunakan gas sebagai sumber bahan bakar memasak. Menurut beberapa sumber, gas dianggap lebih hemat dan lebih efisien waktu saat digunakan untuk memasak. Hingga sekarang permintaan akar kompor khusus gas terus meningkat. Bahkan model dan spesifikasinya juga semakin moderen. Sebagai pengguna gas, tentunya Anda juga harus tahu bagaimana cara yang tepat dalam membeli kompor ini. Lalu bagaimanakah cara memilih kompor khusus gas ini?

Kompor Gas

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memilih dan mendapatkan kompor memasak yang berkualitas ini. Antara lain:
  • Belilah kompor yang memiliki tungku sesuai dengan kebutuhan. Untuk Anda yang sering memasak, disarankan untuk membeli kompor dengan tungku dua. Sedangkan jika jarang memasak lebih baik membeli yang satu tungku.
  • Ada baiknya Anda perhatikan ukuran kompor yang akan dibeli. Pastikan tidak terlalu besar sehingga tidak membuat dapur Anda terkesan sempit.
  • Jika membeli kompor dengan dua tungku, sebaiknya lihatlah jarak antar tungkunya. Jangan memilih yang terlalu dekat karena bisa menyusahkan Anda jika digunakan bersamaan untuk memasak.
  • Belilah kompor yang terbuat dari bahan kuat dan anti karat sehingga tidak mudah rusak atau rapuh.

Untuk bisa mendapatkan kompor dengan kualitas terbaik, Anda bisa membelinya di toko kompor terdekat ataupun bisa juga membeli secara online. Akan tetapi saat membeli secara online, disarankan untuk membaca deskripsi produk secara teliti. Terutama soal spesifikasi dan dimensi daripada kompor gas tersebut. Jangan lupa bandingkan juga harga jual online dengan harga yang ada di pasaran.

Mungkin beberapa dari Anda masih khawatir soal keamanan saat menggunakan kompor ini. Padahal Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya tetap aman saat menggunakannya. Diantaranya:
  • Belilah regulator dan selang yang memang sudah berlabel SNI.
  • Pasangkan selang dan regulator secara tepat. Sehingga tidak terjadi kebocoran.
  • Agar tidak berubah posisi, letakkan tabung gas di permukaan yang datar.
  • Janga meletakkan tabung di tempat yang panas dan dekat degan benda yang mudah terbakar.
  • Supaya tetap bersih, disarankan untuk membersihkan kotoran yang ada disekitar kompor tiap seminggu sekali. Karena jika dibiarkan, kotoran tersebut bisa menyumbat selang gas.

Jika Anda memang sedang bepergian dalam jangka waktu yang lama, lebih baik lepaskan selang dan regulator dari kompor gas. Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kebocoran sewaktu-waktu. Letakkan juga tabung gas ke tempat yang aman dan terdapat sirkulasi udara disekitarnya. Akan lebih bagus jika Anda meletakkanya di luar. Namun jangan sampai tempat tersebut memiliki potensi untuk tertetes air hujan atau sinar matahari langsung. Sangat direkomendasikan jika meletakkanya di teras rumah saja.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.juruseo.com di inbox anda:


0 comments:

Post a Comment