Sitemap

Tuesday, November 8, 2016

Mungkinkah Jika Emas Antam Dipalsukan?

Apakah Anda adalah seorang yang senang berinvestasi emas? Jika ya, emas dalam bentuk apa yang biasanya Anda gunakan dalam berinvestasi? Perhiasan kah? Atau dalam bentuk emas antam? Jika Anda memilih jawaban yang kedua, maka Anda perlu berhati-hati mulai sekarang. Jika perhiasan emas saja bisa dipalsukan, maka bukan hal yang mustahil untuk memalsukan pula emas batangan antam. Hanya saja, untuk memalsukan emas batangan jauh lebih sulit dibanding memalsukan perhiasan emas atau bahkan uang kertas.

Emas Antam

Melonjaknya harga emas dari tahun ke tahun yang terus bergerak naik, memberikan motivasi pada pihak-pihak tak bertanggungjawab untuk melakukan aksi pemalsuan tersebut. Meski untuk memalsukannya terbilang tak begitu mudah, hal itu tak akan menyurutkan niat si pelaku. Apalagi sekarang sudah didukung dengan kemajuan teknologi, dimana semuanya sudah serba digital dan modern. Sehingga semakin memperbesar peluang untuk memalsukan emas dengan memanfaatkan harga emas saat ini yang cenderung meningkat.

Meskipun hingga saat ini belum ada laporan kasus pemalsuan emas batangan. Namun tetap saja Anda harus terus berhati-hati. Biasanya yang sering menjadi objek pemalsuan adalah pemalsuan perhiasan emas 18 karat sebanyak 75%. Atau kasus mengenai emas yang diakui 22 karat padahal hanya emas dengan kadar 18 karat saja. Kasus pengakuan palsu seperti ini jumlahnya mencapai 91,7%. Hal inilah yang perlu dijadikan pelajaran berharga untuk lebih waspada dalam membeli emas sebagai barang investasi Anda.

Untuk mengantisipasi adanya kasus pemalsuan tersebut, Anda harus lebih cermat dalam memilih tempat membeli emas antam. Pastikan bahwa tempat Anda membeli tersebut merupakan tempat terpercaya yang memang sudah terbukti menjual emas dengan kadar dan harga yang tepat. Biasanya, tempat-tempat seperti ini akan menunjukkan langsung bahwa emas yang akan dibeli oleh pembeli adalah emas asli dengan memberikan beberapa cara mengetesnya.

  1. Menjelaskan isi sertifikat emas. Sertifikat ini berfungsi sebagai bukti tertulis bahwa emas yang dimiliki tersebut benar-benar asli, lengkap dengan jumlah berat dalam gram serta kadar emasnya. Sertifikat ini akan Anda dapatkan jika Anda membeli emas ditempat-tempat khusus yang memang sudah dipercaya banyak orang. Misalnya outlet-outlet emas yang sudah banyak tersebar di berbagai tempat, atau bisa saja membeli emas di Pegadaian.
  2. Dengan menggunakan beberapa alat canggih yang saat ini sudah banyak berkembang dan dimiliki oleh outlet penjual emas. Untuk lebih meyakinkan, Anda bisa meminta kepada penjual atau pemilik toko untuk mengecek sendiri emas yang akan Anda beli dengan menggunakan alat tersebut. Jika memang tempat tersebut adalah tempat penjual emas yang baik, mereka akan mempersilahkan Anda dan bahkan akan mengajari bagaimana menggunakan alat tersebut. Mereka akan menunjukkan berapa gram berat emas dan berapa kadar emas yang Anda beli tersebut.
  3. Bisa juga Anda melakukan tes sendiri menggunakan rumus hitung-hitungan sederhana. Semisal Anda membeli emas batang seberat 25gram dengan ukuran tiap sisinya 33,3 x 20 x 2,07 mm. Jika dihitung, emas tersebut memiliki volume sebesar 1378,62 mm3 atau 1,37862 cm3. Seperti yang sudah diketahui bahwa massa jenis dari emas adalah 19,3 gram/cm3. Masukkan kedalam rumus:
19,3 gram/cm3 = Y / 1,37862 cm3.
Y = 19,3 x 1,37862
Y = 26,607 gram.
Adanya ukiran dalam tubuh emas menjadikan hal yang wajar jika beratnya 25 gram meski berdasarkan rumus berat seharusnya 26, 607 gram.

Demikian informasi mengenai emas antam. Semoga bermanfaat.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.juruseo.com di inbox anda:


0 comments:

Post a Comment