Sitemap

Monday, September 18, 2017

Aneka Masakan Olahan Daging yang Bisa Anda Jadikan Menu di Hari Raya Idul Adha

Setahun sekali seluruh umat islam memperingati hari raya Idul Adha yang ditandai dengan penyembelihan hewan qurban. Binatang yang dijadikan qurban bermacam-macam mulai dari kambing, sapi , kerbau dan lain sebagainya sesuai anjuran. Maka dihari itu umat islam mempunyai kebiasaan mengolah aneka masakan yang telah dibagikan dari hasil qurban tersebut. Antusias masyarakat mengenai datangnya hari qurban sudah dirasakan jauh hari setelah memasuki bulan dzulhijjah. Penjualan hewanpun meningkat tajam dari hari-hari sebelumnya baik melalui toko online atau offline. Tidak bisa dipungkiri pesta qurban yang ada setahun sekali itu memang sangat dinanti-nanti.

Banyak sekali resep masakan atau olahan daging yang bisa dijadikan menu dihari raya Idul Adha tersebut, antara lain:
  • Sate kambing.
  • Gulai kambing.
  • Tongseng.
  • Tengkleng.
  • Rendang.
  • Bakso sapi.
  • Daging empal sapi.

Masakan Olahan Daging

Selain itu masih banyak lagi masakan yang sering dijadikan menu khas dihari raya qurban. Karena daging yang dibagikan dalam jumlah yang cukup banyak tidak jarang setiap rumah hampir semua jenis resep dibuatnya. Beberapa hari setelah hari rayapun masih ada beberapa masyarakat yang mengkonsumsi daging secara terus-menerus. Padahal jika mengkonsumsi masakan yang ada pada resep-resep diatas secara terus menerus dapat menyebabkan tubuh gampang sakit.

Apalagi bagi mereka para orang tua yang sebelumnya sudah mempunyai sejarah penyakit tertentu harusnya dibatasi untuk mengkonsumsi daging qurban. Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul akibat makan daging kambing ataupun sapi yang terlalu berlebihan, antara lain:

1. Meningkatkan resiko asam urat.
Mungkin memang datangnya hari raya qurban sangat dinanti-nantikan tetapi mengkonsumsi daging sapi atau kambing dengan aneka masakan juga tidak bisa dihindarkan. Karena terlalu senang dengan datangnya hari raya terkadang seseorang tidak sadar bahwa terlalu banyak mengkonsumsi daging yang berakibat pada peningkatan resiko asam urat yang dideritanya.

2. Meningkatkan obesitas.
Yang perlu diketahui yaitu bukan hanya mengkonsumsi makanan tinggi kadar gula saja yang dapat mengakibatkan obesitas ternyata makanan yang tinggi lemak juga dapat meningkatkan obesitas. Bisa dihitung sendiri besar kandungan lemak yang ada pada daging kambing dan juga sapi setiap gramnya. Jadi lebih baik pilih daging yang mempunyai kandungan lemak sedikit dan juga batasi untuk jumlah konsumsinya.

3. Meningkatkan kolesterol.
Bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit kolesterol sebelumnya juga harus waspada dalam jumlah daging yang dikonsumsi. Karena banyaknya daging yang dimakan dapat meningkatkan penyakit kolesterol yang dialami.

Selain diatas masih banyak lagi jenis penyakit yang dapat muncul akibat mengkonsumsi daging yang berlebihan saat lebaran. Selain dari konsumsi yang diperhatikan juga dari pengolahan yang benar juga perlu diketahui. Berikut ini beberapa cara untuk mengolah daging dengan benar yaitu:

1. Memisahkan antara jeroan dan daging.
Ada yang mengatakan bahwa jeroan yang dimasak dan dicampur dengan pengolahan daging dapat mengakibatkan bau yang tidak sedap. Selain itu juga dapat mengakibatkan jeroan cepat rusak.

2. Cuci sampai bersih.
Yang kedua yaitu bersihkan dari kotoran ataupun lainnya yang ada dalam daging, kalau perlu rendam daging sampai beberapa saat.

3. Porsi.
Seperti yang dibahas diatas mengkonsumsi daging secara berlebihan dan terus-menerus dapat beresiko pada kondisi tubuh. Jadi lebih baik pastikan porsi sesuai dengan anggota keluarga, jadi tidak banyak tersisa.

Itulah beberapa hal mengenai aneka masakan khas lebaran Idul Adha yang sering dilakukan oleh masyarakat.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari www.juruseo.com di inbox anda:


0 comments:

Post a Comment